Artikel Wanita


MANJAKAN DIRI BAGAI  RATU, BECAUSE I’M A QUEEN !!!!!!!!!!!

Selalu menganggap diri biasa-biasa saja? Bahaya Lho! Lama kelamaan orang lain bisa tak menghargai Anda. Mulai kini, berpikirlah bagai seorang ratu yang punya banyak power. Dijamin, dunia jadi terasa lebih indah dan hidup kita jauh lebih bermakna.
Ingat petikan satu slogan produk kecantikan yang berbunyi,”……Karena engkau “Wanita” Begitu Berharga….? Maksudnya, setiap wanita diciptakan unik, penuh misteri, istimewa dan sungguh bernilai.
Tapi, mengapa banyak perempuan “hobi” mengkritik diri sendiri secara berlebihan? Seperti Vonny seorang beauty consultant, walau pandai dan menarik, tetap kurang pede dengan performanya. Pendidikannya yang tak sampai sarjana dan tubuhnya yang padat berisi membuatnya tak nyaman. Padahal, rekan-rekan kerjanya memuji bahwa Vonny sebagai karyawan yang sangat professional dan kooperatif dalam bekerja. Pada klienpun “setia” karena Vonny piawai dalam bidangnya dan menyenangkan untuk diajak berdiskusi.
Menurut Susan Jane Gilman, penulis “Kiss My Tiara : How To Rule The World As a Smart Mouth Goddes”, hal itu terjadi karena kita hidup dalam budaya di mana seorang wanita sepertinya dituntut menjadi “Superwoman”. Wanita harus punya pendidikan tinggi, penampilan sempurna, karier sukses, dan sebagainya. Dengan standar yang realistis itu, tak heran banyak wanita stress dan menilai dirinya tak punya kualitas maupun kapabilitas yang dapat dibanggakan.

Tak heran, banyak wanita cenderung lebih memikirkan cara mencipta kesan baik dimata orang lain. Kadang caranya dengan memberi “Compliment” yang berlebihan, seperti memanjangkan rambut demi pacar / pasangannya (padahal merasa repot merawatnya) atau “cari muka” pada atasan dengan bekerja lembur untuk pekerjaan yang bisa dikerjakan esok hari. Wanita yang mampu menghargai diri sendiri tahu persis apa yang menjadi kepentingan dan kebutuhannya. So, please to be good to yourself. Jangan sampai anda terperangkap dalam Self Image yang salah hingga kehilangan rasa percaya diri. Untuk itu ubah cara pandang anda terhadap diri sendiri agar dapat menjalani hidup lebih nyaman. Anggap saja diri anda seorang Ratu yang bisa melakukan apapun yang anda suka dengan bebas dan tanpa beban !
 Lima (5) cara Mencintai Diri Sendiri
Memang bahagia rasanya bila dicintai, dihargai, dan diperhatikan semua orang. Tapi, buat apa menunggu teman-teman, bos di kantor, atau si dia berbaik hati lebih dahulu bila anda dapat melakukannya sendiri ? Simak lima tips dibawah ini :
1.       Jadi Humas (penyambung lidah) Untuk Diri Sendiri
Berdasarkan hasil riset “American Psycological Association”, mereka yang dapat menghargai diri sendiri, umumnya punya rasa percaya diri yang kuat. Coba lihat cara seorang Sales menjual produknya; Ia akan tampil meyakinkan dan membuat presentasi menarik akan produk yang ditawarkan. Seperti yang disarankan oleh “Regena Thomashaur, Penulis Mama Gena’s School of Womanly Arts: Using the Power of Pleasure to Have Your Way With World“ Anda juga dapat melakukannya pada diri sendiri. Galilah beberapa “Aset Pribadi” yang dimiliki, misalnya; anda seorang pekerja keras atau jago bernegosiasi (memiliki skill komunikasi yang baik). Masukan (penetrasi) info itu dalam percakapan ringan dengan teman-teman, kolega, rekan kerja, atau para pria kenalan anda”.
Coba bayangkan; suatu kali anda bertemu seorang pria di cocktail party. Umumnya pria akan menaruh perhatian pada anda selama 20 menit pertama. Jadi, jangan ragu untuk menebar pesona diri pada menit-menit tersebut. Tapi, kenyataannya, kita, wanita cenderung bicara hal-hal negative lebih dulu, misalnya saja cerita tentang mantan pacar yang menyebalkan, sakit perut saat menstruasi datang, atau karier yang mandeg. Tak heran para pria jadi enggan kenal anda lebih jauh. Namun, jika pada saat itu anda berani menantang diri untuk bercerita hal-hal baik yang pernah dialami, tentu akan lain ceritanya. Jangan khawatir, anda terdengar sombong atau bombastis. Bukankah para dewi atau ratu cantik pun jadi inspirasi bagi wanita lain ? “Bila anda berani cerita soal yang hebat-hebat yang terjadi dalam hidup anda, dijamin lawan bicara akan terpesona dan berpikir, “Hei, jika dia bisa mengalami hal itu, mengapa saya tidak?”
2.    Ada “Emas” di Balik Kritikan
Tentu saja hati anda kesal ketika bos di kantor bilang proyek atau presentasi anda kurang bagus. Padahal, anda telah menyiapkannya semalam suntuk. Tapi jangan terlalu lama sakit hati. “Cobalah berpikir positif, bahwa kritik sesungguhnya bisa jadi informasi penting untuk anda.”
Curi triknya: cari nilai positif yang tersirat dalam tiap kritikan, karena bagian itu sangat penting untuk langkah sukses anda selanjutnya di masa depan. “Kritik itu bagus”, karena didalamnya ada informasi yang dapat dijadikan pelajaran. Jadi, lain kali jika atasan anda berkata “Topik yang anda sampaikan di meeting tadi sebenarnya menarik. Tapi lain kali presentasinya jangan ”kering: ya.“ Jangan sampai mood langsung drop dan jadi tak semangat kerja. Pikirkan sisi positifnya, bahwa bos sebenarnya suka pada ide anda. Lalu tangkap informasi yang tersirat, bahwa anda harus belajar lagi cara menyampaikan ide dengan lebih menarik.
3.     Kagumi Figur Tubuh Anda
Ada studi kasus menyatakan; saat anda mencoba swimsuit, rata-rata wanita tidak puas melihat bayangan bentuk tubuhnya di depan cermin. Tak heran, karena mereka berdiri statis di depan cermin tanpa melakukan apapun. Coba lihat kawan-kawan anda saat di kantor, clubbing, atau pesta. “Anda melihat mereka saat beraktivitas, berdiskusi saat meeting, atau melakukan presentasi dengan gaya meyakinkan. Ada satu aura yang memancar dari dalam diri mereka, gairah dan semangat, dan rasa yakin pada diri sendiri. Itu yang membuat mereka terlihat hidup, menarik dan cantik? Saat anda melakukan sesuatu, orang juga akan melihat hal yang sama seperti apa yang anda lihat pada diri teman-teman anda.
4.    Ketahui “Nilai Anda”
“Bagi wanita, hal terpenting di tempat kerja adalah bagaimana agar kerjasama terjalin baik dengan rekan sekantor,”. Padahal ada banyak factor lain yang juga penting untuk perkembangan karier anda. Seperti minta naik gaji atau promosi. Masalahnya banyak wanita takut membuat satu langkah. “Wanita selalu menempatkan kepentingan orang lain di atas kepentingannya dirinya sendiri” ( yahhh…….boleh dikatakan terlalu “altruis-lah” ). Misalnya; berapa banyak orang berfikir bahwa ia sangat beruntung bisa bergabung dalam perusahaan / instansi tempatnya  bekerja sekarang, tapi tidak pernah memikirkan betapa beruntungnya perusahaan / instansi tersebut mempekerjakan karyawan / pegawai seperti anda.
Singkatnya, wanita tidak terbiasa mengukur seberapa tinggi kapabilitasnya.
Ada dua cara mudah meningkatkan rasa percaya diri anda di kantor yaitu :
*  Jangan pernah minta maaf pada atasan sebelum anda berhasil mengerjakan satu proyek
*  Cobalah minta kenaikan gaji atau promosi .
5.     Hargai Diri Sendiri
Sebagai makhluk sensitive dan emosional, wanita cenderung ingin menyenangkan pasangan dengan melakukan hal-hal sesuai keinginannya bahkan tidak jarang cenderung altruis. Tapi bagaimana jika ternyata suatu hari mereka mengecewakan anda? Jika anda selalu ingin memuaskan keinginan si dia tanpa memikirkan kebutuhan diri sendiri, tak heran bila lambat laun hubungan anda berubah runyam. Untuk itu, mulai sekarang “Hargailah Diri Anda Sendiri”. Katakan saja terus terang hal-hal apa yang anda sukai dan yang tidak disukai dalam berbagai situasi. Dan bila perlu kurangi melakukan detail-detail yang kurang anda sukai. Karena jauh lebih efektif jika kita mampu lebih selektif dalam berbagai aktivitas.


*****Selamat Membaca & Semoga Bermanfaat*

Komentar

Postingan populer dari blog ini

soal UAS Etika Kehumasan

Artikel Komunikasi

KOMPONEN KONSEPTUAL KOMUNIKASI