SILABUS MATA KULIAH PUBLIC RELATIONS



SILABUS BERBASIS KOMPETENSI

Jurusan
:
Komunikasi Dan Penerangan Agama
Mata Kuliah
:
Public Relations
Kode
:

Jumlah SKS
:
2
Jenjang
:
Strata 1 (S1)
Semester
:
V (Lima)
Prasyarat
:
Pengantar Ilmu Komunikasi; Komunikasi Antar Individu; Sosiologi Komunikasi; Psikologi Komunikasi
Standar Kompetensi
:
Kemampuan Memahami  Pengetahuan Tentang proposal penawaran kerjasama dan program kerja harian sebagai seorang Public Relations Officer, serta mampu membuat dan mempresentasikan dihadapan klien.

NO.
KOMPETENSI DASAR
MATERI POKOK DAN URAIAN MATERI
INDIKATOR PENCAPAIAN
REFERENSI
(1)
(2)
(3)
(4)
(5)
1
Memahami Public Relations sesuai dengan definisinya dan ruang lingkupnya
Definisi dan Ruang Lingkup Public Relations

Kejelasan pemahaman tentang Public Relations sesuai dengan definisinya dan ruang lingkupnya

·     Buku wajib
·     Referensi anjuran
·     Internet
2
Memahami syarat Public Relations secara ideal
Public Relations Ideal
Kejelasan pemahaman tentang Public Relations secara ideal

·     Buku wajib
·     Referensi anjuran
·     Internet
3
Memahami sejarah terbentuknya Public Relations di dunia International
Sejarah Public Relations di dunia International

Kejelasan pemahaman tentang sejarah terbentuknya Public Relations di dunia International

·     Buku wajib
·     Referensi anjuran
·     Internet
4
Memahami sejarah masuknya Public Relation di Indonesia sampai dengan perkembangan
Sejarah Public Relations di Indonesia
Kejelasan pemahaman tentang masuknya Public Relation di Indonesia
·     Buku wajib
·     Referensi anjuran
·     Internet
5
Memahami batasan dan tanggung jawab Public Relations seutuhnya sesuai dengan kode etik yang berlaku
Tujuan Public Relations dan
Tanggung Jawab Public Relations

Kejelasan Pemahaman mengenai batasan dan tanggung jawab Public Relations seutuhnya sesuai dengan kode etik yang berlaku
·     Buku wajib
·     Referensi anjuran
·     Internet
6
Memahami fenomena yang terjadi dalam perkembangan Public Relations
Fenomena Public Relations
Kejelasan pemahaman mengenai fenomena yang terjadi dalam perkembangan Public Relations
·     Buku wajib
·     Referensi anjuran
·     Internet
7
UJIAN TENGAH SEMESTER


8
Memahami strategi yang diterapkan dalam Public Relation
Strategi Public Relations

Ketepatan pemahaman tentang strategi yang diterapkan dalam Public Relations
·     Buku wajib
·     Referensi anjuran
·     Internet
9
Memahami strategi oeprasional ideal yang diterapkan dalam Public Relations
Strategi operasional Public Relations
Ketepatan pemahaman tantang strategi oeprasional ideal yang diterapkan dalam Public Relations
·     Buku wajib
·     Referensi anjuran
·     Internet
10
Memahami perbedaan tentang lobi, negosiasi dan persentasi
Lobi, Negosiasi dan Presentasi
Ketepatan pemahaman tentang strategi lobi, negosiasi dan persentasi dalam pendekatan terhadap calon klien
·     Buku wajib
·     Referensi anjuran
·     Internet
11
Memahami perencanaan program harian Public Relation untuk menunjang tugas dan fungsinya
Perencanaan program kerja harian Public Relations

Kejelasan pemahaman tentang perencanaan program harian Public Relations untuk menunjang tugas dan fungsinya
·     Buku wajib
·     Referensi anjuran
·     Internet
12
Memahami  membuat proposal kerja sama untuk calon klien
Proposal penawaran kerja sama

Kejelasan pemahaman tentang membuat proposal kerja sama untuk calon klien
·     Buku wajib
·     Referensi anjuran
·     Internet
13
UJIAN AKHIR SEMESTER





Referensi :
a)      Ardianto, Elvinaro. 2009. Public Relations  Praktis. Bandung : Widya Padjadjaran;
b)      Darmastuti, Rini. 2006. Etika PR dan E – PR. Jogjakarta : Gava Media;
c)      Effendi, Onong Uchjana. 1993. Human Relations Dan Public Relations. Bandung : Mandar Maju;
d)     Griffin, EM. 2003. A First Look at Communication Theory. Fifth Edition. Boston: McGraw-Hill.
e)      Jefkins, Frank dan Daniel Yadin. 2009. Public Relations Edisi Lima. Erlangga;
f)       Julia T. Wood: Communication Analysis.
g)      Kusumastuti, Frida. 2001. Dasar – Dasar Humas. Jakarta : Ghalia Indonesia;
h)      Littlejohn, Stephen W. 2002. Theories of Human Communication. Seventh Edition. Belmont, CA: Wadsworth.
i)        May Rudi, Teuku. 2005. Komunikasi dan Hubungan Masyarakat International. Bandung : Refika Aditama;
j)        Miller, Katherine. 2002. Communication Theories: Perspective, Process, and Context. Boston: McGraw Hill.
k)      Rogers, Everett M., 1997, A History of Communication Study: A Biographical Approach, New York: The Free Press.
l)        Ruslan, Rosady. 2006. Manajemen Public Relations Dan Media Komunikasi. Jakarta : Raja Grafindo Persada.
m)    Severin dan Tankard: Teori Komunikasi: Sejarah, Metode, dan Terapan dalam Komunikasi Massa.
n)      West, Richard dan Lynn H. Turner. 2008. Pengantar Teori Komunikasi: Analisis dan Aplikasi. Buku 1. Terjemahan dari Introduction Communication Theory: Analysis and Application. Jakarta: Salemba Humanika.







Denpasar,     September 2016

Dosen,



Dr. I Dewa Ayu Hendrawathy Putri, S.Sos., M.Si.
NIP. 19750514 200801 2 022

Komentar

Postingan populer dari blog ini

soal UAS Etika Kehumasan

Artikel Komunikasi

KOMPONEN KONSEPTUAL KOMUNIKASI