SAP MATA KULIAH HUMAN & PUBLIC RELATIONS



SATUAN ACARA PERKULIAHAN

Jurusan
:
Komunikasi dan Penerangan Agama
Mata Kuliah
:
Human & Public Relations
Kode
:

Jumlah SKS
:
3
Jenjang
:
Strata 1 (S1)
Semester
:
IV (Empat)
Prasyarat
:
Pengantar Ilmu Komunikasi; Komunikasi Antar Individu; Sosiologi Komunikasi; Psikologi Komunikasi, Public Speaking
Standar Kompetensi
:
Kemampuan Memahami  Dimensi Human Relations meliputi: Perkembangan Human Relations; Pengertian Human Relations; Ruang Lingkup Human Relations; Kunci Aktivitas Human Relations; Faktor Manusia Dalam Human Relations; Faktor Pembawaan dan Faktor Lingkungan; Manusia Dalam Dinamika Kelompok; Human Relations Teori dan Praktek; Human Relations Sebagai Aktivitas Komunikasi; Pemahaman Komunikasi Persuasif; Konseling Sebagai Teknik Human Relation;  Dimensi Public Relations meliputi: Definisi dan Ruang Lingkup Public Relation; Public Relations Ideal; Sejarah Public Relations di dunia International; Sejarah Public Relations di Indonesia; Tujuan Public Relations dan  Tanggung Jawab Public Relations; Strategi Komunikasi dalam Public Relations, kiat membuat proposal penawaran kerja sama dan membuat kampanye komunikasi dalam aktivitas Public Relations.


PERTEMUAN
KEMAMPUAN AKHIR YANG DIHARAPKAN
(KOMPETENSI DASAR)
MATERI PEMBELAJARAN
BENTUK PEMBELAJARAN
KRITERIA PEMBELAJARAN (INDIKATOR KEBERHASILAN)
ALOKASI WAKTU
SUMBER MEDIA
PENILAIAN
(1)
(2)
(3)
(4)
(5)
(6)
(7)
(8)
1
Memahami Perkembangan Human Relations dan Pengertian Human Relations

Perkembangan Human Relations dan Pengertian Human Relations

Ceramah, tanya jawab, diskusi


Kejelasan pemahaman tentang Perkembangan Human Relations dan Pengertian Human Relations

2 x 50 mnt
·     Buku wajib
·     Referensi anjuran
·     Internet
· Perilaku dan aktivitas
di kelas
· Pemberian tugas individu
2
Memahami Ruang Lingkup Human Relations dan Kunci Aktivitas Human Relations

Ruang Lingkup Human Relations dan Kunci Aktivitas Human Relations

Ceramah, tanya jawab, diskusi
Kejelasan pemahaman tentang Ruang Lingkup Human Relations dan Kunci Aktivitas Human Relations

2 x 50 mnt
·     Buku wajib
·     Referensi anjuran
·     Internet
· Aktivitas di kelas
· Pemberian tugas kelompok

3
Memahami Faktor Manusia Dalam Dimensi Human Relations

Faktor Manusia Dalam Dimensi Human Relations

Ceramah, tanya jawab, diskusi
Kejelasan pemahaman tentang Faktor Manusia Dalam Dimensi Human Relations

2 x 50 mnt
·     Buku wajib
·     Referensi anjuran
·     Internet
· Perilaku dan aktivitas
di kelas
· Pemberian tugas individu
4
Memahami Faktor Pembawaan dan Faktor Lingkungan Yang Mempengaruhi Human Relations

Faktor Pembawaan dan Faktor Lingkungan Yang Mempengaruhi Human Relations

Ceramah, tanya jawab, diskusi
Kejelasan pemahaman tentang Faktor Pembawaan dan Faktor Lingkungan Yang Mempengaruhi Human Relations

2 x 50 mnt

·     Buku wajib
·     Referensi anjuran
·     Internet
·    Aktivitas dan perilaku di kelas
·    Pemberian tugas individu
5
Memahami Human Relations Teori dan Praktek

Human Relations Teori dan Praktek

Ceramah, tanya jawab, diskusi
Kejelasan Pemahaman Human Relations Teori dan Praktek

2 x 50 mnt
·     Buku wajib
·     Referensi anjuran
·     Internet
·    Perilaku dan aktivitas di kelas
·     Pemberian tugas individu
6
Memahami Human Relations Sebagai Kegiatan Komunikasi dan Komunikasi Persuasif

Human Relations Sebagai Kegiatan Komunikasi dan Komunikasi Persuasif

Ceramah, tanya jawab, diskusi
Kejelasan pemahaman Human Relations Sebagai Kegiatan Komunikasi dan Komunikasi Persuasif

2 x 50 mnt
·     Buku wajib
·     Referensi anjuran
·       Internet
· Perilaku dan aktivitas
di kelas
· Pemberian tugas individu
7
UJIAN TENGAH SEMESTER

2 x50 mnt

Makalah dan presentasi
8
Memahami Pengertian Homophily dan Heterophily

Pengertian Homophily dan Heterophily

Ceramah, tanya jawab, diskusi
Ketepatan pemahaman tentang Pengertian Homophily dan Heterophily

2 x 50 mnt
·     Buku wajib
·     Referensi anjuran
·     Internet
· Perilaku dan aktivitas
di kelas
· Pemberian tugas individu
9
Memahami   Definisi dan Ruang Lingkup Public Relations

Definisi dan Ruang Lingkup Public Relations

Ceramah, tanya jawab, diskusi
Ketepatan pemahaman tentang Definisi dan Ruang Lingkup Public Relations

2 x 50 mnt
·     Buku wajib
·     Referensi anjuran
·     Internet
· Perilaku dan aktivitas
di kelas
· Pemberian tugas individu
10
Memahami Sejarah Public Relations di dunia International

Sejarah Public Relations di dunia International

Ceramah, tanya jawab, diskusi
Ketepatan pemahaman tentang Sejarah Public Relations di dunia International

2 x 50 mnt
·     Buku wajib
·     Referensi anjuran
·     Internet
· Perilaku dan aktivitas
di kelas
· Pemberian tugas individu
11
Memahami Sejarah Public Relations di dunia International

Sejarah Public Relations di dunia International

Ceramah, tanya jawab, diskusi
Ketepatan pemahaman tentang Sejarah Public Relations di dunia International




2 x 50 mnt
·     Buku wajib
·     Referensi anjuran
·     Internet
· Perilaku dan aktivitas
di kelas
· Pemberian tugas individu
12
Memahami  Tujuan Public Relations dan  Tanggung Jawab Public Relations

Tujuan Public Relations dan  Tanggung Jawab Public Relations
Ceramah, tanya jawab, diskusi
Ketepatan pemahaman tentang Tujuan Public Relations dan  Tanggung Jawab Public Relations

2 x 50 mnt
·     Buku wajib
·     Referensi anjuran
·     Internet
· Perilaku dan aktivitas
di kelas
· Pemberian tugas individu
13
Memahami  Fenomena Public Relations dan Strategi Komunikasi dalam Public Relations

Fenomena Public Relations dan Strategi Komunikasi dalam Public Relations
Ceramah, tanya jawab, diskusi
Ketepatan pemahaman tentang Fenomena Public Relations dan Strategi Komunikasi dalam Public Relations

2 x 50 mnt
·     Buku wajib
·     Referensi anjuran
·     Internet
· Perilaku dan aktivitas
di kelas
· Pemberian tugas individu
14
Memahami  Strategi operasional Public Relations, Lobi, Negosiasi dan Presentasi
Perencanaan program kerja harian Public Relations

Strategi operasional Public Relations, Lobi, Negosiasi dan Presentasi
Perencanaan program kerja harian Public Relations

Ceramah, tanya jawab, diskusi
Ketepatan pemahaman tentang Strategi operasional Public Relations, Lobi, Negosiasi dan Presentasi
Perencanaan program kerja harian Public Relations

2 x 50 mnt
·     Buku wajib
·     Referensi anjuran
·     Internet
· Perilaku dan aktivitas
di kelas
· Pemberian tugas individu
15
Memahami  Media Relations dan Strategi Operasional Public Relations

Media Relations dan Strategi Operasional Public Relations

Ceramah, tanya jawab, diskusi
Ketepatan pemahaman tentang Media Relations dan Strategi Operasional Public Relation
2 x 50 mnt
·     Buku wajib
·     Referensi anjuran
·     Internet
· Perilaku dan aktivitas
di kelas
· Pemberian tugas individu
16
Memahami  Proposal penawaran kerja sama dan program Kampanye Komunikasi (kampanye Public Relations)

Proposal penawaran kerja sama dan program Kampanye Komunikasi (kampanye Public Relations)

Ceramah, tanya jawab, diskusi
Ketepatan pemahaman tentang Proposal penawaran kerja sama dan program Kampanye Komunikasi (kampanye Public Relations)

2 x 50 mnt
·     Buku wajib
·     Referensi anjuran
·     Internet
· Perilaku dan aktivitas
di kelas
· Pemberian tugas individu
16
UJIAN AKHIR SEMESTER

2x50 mnt

Ujian Tulis
Makalah dan presentasi

Referensi :

a)      Amin, Ahmad Prof. Dr., 1983, Etika (Ilmu Akhlak), PT. Bulan Bintang, Jakarta.
b)      Ardianto, Elvinaro. 2009. Public Relations  Praktis. Bandung : Widya Padjadjaran;
c)      Darmastuti, Rini. 2006. Etika PR dan E – PR. Jogjakarta : Gava Media;
d)     Davis, Keith, 1962, Human Relations at Work, Mc. Graw-Hill Book Company, Ltd., Tokyo.
e)      Effendi, Onong Uchjana. 1993. Human Relations Dan Public Relations. Bandung : Mandar Maju;
f)       Griffin, EM. 2003. A First Look at Communication Theory. Fifth Edition. Boston: McGraw-Hill.
g)      Jefkins, Frank dan Daniel Yadin. 2009. Public Relations Edisi Lima. Erlangga;
h)      Julia T. Wood: Communication Analysis.
i)        Kusumastuti, Frida. 2001. Dasar – Dasar Humas. Jakarta : Ghalia Indonesia;
j)        Littlejohn, Stephen W. 2002. Theories of Human Communication. Seventh Edition. Belmont, CA: Wadsworth.
k)      Magnis, Dr. Franz von, 1984, Etika Umum, Yayasan Kanisius, Jakarta.
l)        May Rudi, Teuku. 2005. Komunikasi dan Hubungan Masyarakat International. Bandung : Refika Aditama;
m)    Miller, Katherine. 2002. Communication Theories: Perspective, Process, and Context. Boston: McGraw Hill.
n)      Onong Uchjana Effendy, 1993, Human Relations dan Public Relations, CV. Mandar Maju, Bandung.
o)      Poedjawijatna, Prof., 1982, Etika-Filsafat Tingkah Laku, Bina Aksara, Bandung.
p)      Rogers, Everett M., 1997, A History of Communication Study: A Biographical Approach, New York: The Free Press.
q)      Ruslan, Rosady. 2006. Manajemen Public Relations Dan Media Komunikasi. Jakarta : Raja Grafindo Persada.
r)       Severin dan Tankard: Teori Komunikasi: Sejarah, Metode, dan Terapan dalam Komunikasi Massa.
s)       West, Richard dan Lynn H. Turner. 2008. Pengantar Teori Komunikasi: Analisis dan Aplikasi. Buku 1. Terjemahan dari Introduction Communication Theory: Analysis and Application. Jakarta: Salemba Humanika.






Denpasar,     Pebruari 2017

Dosen,


Dr. I Dewa Ayu Hendrawathy Putri, S.Sos., M.Si.
NIP. 19750514 200801 2 022



Komentar

Postingan populer dari blog ini

soal UAS Etika Kehumasan

Artikel Komunikasi

KOMPONEN KONSEPTUAL KOMUNIKASI