Rangkuman : “Pengantar Teori Komunikasi: Analisis dan Aplikasi (Introducing Communication Theory: Analysis and Application)” Richard West & Lynn H. Turner. (BAB. IV) Oleh. I Dewa Ayu Hendrawathy Putri

BAB. IV


Memahami Proses Penelitian (As We Begin)

A.    Proses Tradisional
a)      Metode Ilmiah; adalah metode tradisional dalam melakukan penelitian termasuk di dalamnya usaha untuk melakukan control terhadap pengamatan dan analisis untuk menguji prinsip-prinsip sebuah teori.
b)      Logika deduktif; bergerak dari sesuatu yang sifatnya umum ke sesuatu yang spesifik.
c)      Logika Induktif; bergerak dari sesuatu yang sifatnya spesifik ke sesuatu yang umum.
d)     Grounded Theory; teori yang didapatkan dari pengumpulan data dan analisis dalam sebuah penelitian.
e)      Penelitian Murni; penelitian yang dilakukan untuk mendapatkan pengetahuan.
f)       Penelitian Terapan; penelitian yang dilakukan untuk memecahkan masalah/merumuskan kebijakan.
g)      Reliabilitas; stabilitas dan prektabilitas dari sebuah pengamatan.
h)      Validitas; nilai kebenaran sebuah pengamatan.
B.    Pendekatan Dalam Penelitian
1.      Pendekatan Positivistik atau Empiris; adalah pendekatan yang berasumsi akan adanya realita yang objektif dan penelitian yang bebas dari nilai. Peneliti dalam hal ini berusaha objektif dan bekerja dalam control. Kontrol adalah kemampuan peneliti untuk mengatur konsep-konsep penting dalam proses penelitian.
2.      Pendekatan Interpretif atau Hermeneutik; adalah pendekatan di mana kebenaran dilihat sebagai sesuatu yang subjektif dan partisipasi peneliti dalam penelitian sangat ditekankan.
3.      Pendekatan Kritis; adalah pendekatan yang menekankan pada tanggung jawab peneliti untuk mengubah ketidakadilan dalam kondisi status quo.

C.    Metode Penelitian
1.      Metode Kuantitatif; adalah metode di mana data dikonversi menjadi angka dan ditujukan untuk dianalisis statistic.
2.      Metode Kualitatif; adalah metode di mana data dinterpretasikan melalui analisis pemaknaan.

D.    Metode Pengumpulan Data
1.      Survey; metode penelitian tertentu yang meminta partisipan merespons pertanyaan tertulis. Metode ini membutuhkan pemahaman mengenai dua konsep; populasi dan sample. Populasi; semua orang dalam kategori tertentu. Sample; sekelompok orang yang dipilih untuk mewakili populasi.
2.      Eksperimen; adalah metode penelitian khusus di mana peneliti melakukan manipulasi kondisi; sering kali dilaksanakan di dalam laboratorium. Dalam penelitian ini peneliti disyaratkan mampu melakukan manipulasi variable secara sistemik. Variable bebas; konsep pengamatan dan yang diduga bervariasi sebagai akibat dari variable bebas. Variable terikat; konsep pengamatan dan yang diduga bervariasi sebagai akibat dari variable bebas.
3.      Analisis Tekstual (dalam kualitatif); adalah metode penelitian yang mengharuskan peneliti untuk menganalisis teks tertentu seperti pidato kepresidenan atau film seri televise.
4.      Analisis Isi; adalah teknik untuk analisis tekstual yang mengharuskan peneliti untuk mengodekan unit-unit menjadi kategori yang pasti.

E.    Kesimpulan
Dalam Bab ini, diperkenalkan keseluruhan logika berpikir dari sebuah penelitian, dan didiskusikan pula hubungan antara teori dan penelitian. Diberikan juga beberapa metode khusus yang digunakan oleh para peneliti komunikasi saat ini untuk menyelidiki permasalahan mulai dari kasus pemerkosaan sampai kampanye politik hingga pada titik penyelesaian konflik pada pasangan yang mengalami tindak kekerasan dan juga mengani komunikasi antara bapak-anak. Ketika Anda membaca berbagai penelitian berbeda yang dilakukan dengan metodologi yang berbeda, Anda kemungkinan akan menemukan perbedaan epistemology, aksiologi, dan ontology dalam pendekatan mereka.

 Semoga Bermanfaat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

soal UAS Etika Kehumasan

Artikel Komunikasi

KOMPONEN KONSEPTUAL KOMUNIKASI