“Pengantar Teori Komunikasi: Analisis dan Aplikasi (Introducing Communication Theory: Analysis and Application)” Richard West & Lynn H. Turner. (BAB II) Oleh. I Dewa Ayu Hendrawathy Putri

BAB. II


Membingkai Masa Lalu dan Masa kini Kita (Thinking About The Field : Traditions and Contexts).

A.       Organisasi Penelitian Dalam Bidang Komunikasi
Penulis Willa Cather berpendapat bahwa komunikasi berawal dari dalam hati tiap pria dan wanita. Walaupun banyak peneliti menelusuri bidang ilmu komunikasi hingga ke peradaban Yunani dan Romawi, sebenarnya versi modern dimulai sekitar tahun 1900 seiring dengan perkembangan kels-kelas public speaking. Dalam Bab ini dimulai dengan menelusuri evolusi salah satu organisasi tertua yang khusus mendedikasikan diri kepada ilmu komunikasi, yaitu; Asosiasi Komunikasi Nasional (Nationan Communication Association---NCA). Sejarah perkembangan bidang komunikasi tidak akan lebih lanjut karena keterbatasan tempat, tetapi informasi mengenai hal ini bisa diperoleh dari banyak sumber lain (lihat Friedrich & Boileau, 1999; Rogers, 1994; Rogers & Chaffee, 1983).

Tabel. Divisi-Divisi dalam National Communication Association:
Budaya dan Komunikasi Afrika Amerika
Kajian Komunikasi Kaum Homoseksual/Lesbian/Transgender
Kajian Amerika
Komunikasi Kelompok
Komunikasi terapan
Komunikasi dalam Bidang Kesehatan
Argumentasi dan Forensik
Komunikasi Manusia dan Teknologi
Kajian Komunikasi Asia/Amerika fasifik
Pengembangan Instruksional
Kuliah Dasar
Komunikasi Lintas Budaya dan Internasional
Komunikasi dan Usia Lanjut
Komunikasi Antarpribadi
Komunikasi dan Masa Depan
Interaksi Bahasa dan Sosial
Komunikasi dan Hukum
Kajian Komunikasi Latin
Komunikasi dan Kognisi Sosial
Komunikasi Massa
Kecemasan dan Penghindaran dalam Komunikasi
Komunikasi Organisasi
Evaluasi Komunikasi
Komunikasi Perdamaian dan Konflik
Kebutuhan Komunikasi Mahasiswa yang Beresiko
Studi Kinerja
Kajian Budaya
Komunikasi Politik
Komunikasi Lingkungan
Berbicara di Depan Publik
Etnografi
Hubungan Masyarakat
Pembelajaran Empiris dalam Komunikasi
Teori Komunikasi dan Retorik
Komunikasi Keluarga
Semiotika dan Komunikasi
Kajian Wanita dan Feminis
Komunikasi Spiritual
Kebebasan Mengemukakan Pendapat
Teater
Pelatihan dan Pengembangan
Komunikasi Visual

B.       Konteks Komunikasi
(1)      Komunikasi Intrapribadi (intrapersonal communication) adalah proses komunikasi yg terjadi dalam diri seseorang. Yang menjadi pusat perhatian disini adalah bagaimana jalannya proses pengolahan informasi yg dialami seseorang melalui sistem syaraf dan inderanya.
(2)      Komunikasi Antarpribadi (interpersonal communication) adalah komunikasi antar perorangan dan bersifat pribadi, baik yg secara langsung (tanpa medium) ataupun tidak langsung (melalui medium).
(3)      Komunikasi Kelompok (group communication); memfokuskan pembahasannya pada interaksi di antara orang - orang di dalam kelompok - kelompok kecil. Komunikasi kelompok juga melibatkan komunikasi antar pribadi. Teori - teori komunikasi kelompok antara lain membahas tentang dinamika kelompok, efisiensi, dan efektivitas penyampaian informasi dalam kelompok, pola dan bentuk interaksi, serrta pembuatan keputusan.
(4)      Komunikasi Organisasi (organizational communication); menunjuk pada pola dan bentuk komunikasi yg terjadi dalam konteks dan jaringan organisasi. Komunikasi organisasi melibatkan bentuk - bentuk komunikasi formal dan informal.
(5)      Komunikasi Publik (Public Communication)adalah komunikasi yang dilakukan oleh seorang kepada sejumlah orang yang berbeda latar belakang kebudayaan dalam situasi pertemuan (rapat, seminar, lokakarya, symposium, dan sebagainya). Komunikasi public mengutamakan pengalihan pesan yang tersusun secara baik, misalnya tertulis maupun lisan yang dimulai dengan proses satu arah kemudian dibuka dialog antara pembicara dengan audiens.
(6)      Komunikasi Massa (mass communication) adalah komunikasi melalui media massa yg ditujukan kepada sejumlah khalayak yg besar. Proses komunikasi massa melibatkan aspek - aspek komunikasi intrapribadi, komunikasi antar pribadi, komunikasi kelompok, dan komunikasi organisasi. Teori komunikasi massa umumnya memfokuskan perhatiannya pada hal - hal yg menyangkut struktur media, hubungan media dan masyarakat, hubungan antar media dan khalayak, aspek - aspek budaya dari kmunikasi massa, serta dampak atau hasil komunikasi massa terhadap individu.

C.       Kesimpulan
Bab ini telah memberikan sejarah singkat mengenai awal mula bidang ilmu komunikasi. Pertama-tama didiskusikan mengenai bagaimana Nasional Communication Associationterbentuk dan dikembangkan, kemudian dibahas lima pelopor yang telah membentuk disiplin ilmu komunikasi modern. Kemudian dipaparkan konteks-konteks utama dalam komunikasi intrapersonal, interpersonal, kelompok kecil, organisasi, public, massa dan lintas budaya. Saat Anda membaca teori-teori dalam buku ini, Anda akan melihat bahwa banyak dari mereka termasuk dalam salah satu kategori ini, walaupun ada juga yang dapat dikategorikan ke dalam beberapa kategori sekaligus.
Anda sekarang sudah dapat memahami uniknya disiplin ilmu komunikasi. Ketika Anda membaca Bab berikutnya mengenai pembentukkan teori, Anda akan mulai menghubungkan proses komunikasi dengan proses pembentukkan teori. Bab-Bab awal ini memberikan dasar yang penting bagi Anda sebelum mendalami teori-teori yang akan dibahas dalam buku ini.

Semoga Bermanfaat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

soal UAS Etika Kehumasan

Artikel Komunikasi

KOMPONEN KONSEPTUAL KOMUNIKASI