[
KEMENTERIAN AGAMA
INSTITUT HINDU DHARMA NEGERI DENPASAR
FAKULTAS DHARMA DUTA
Jln. Nusantara Kubu Bangli, Telp. (0366) 93788
Jln. Ratna No. 51 Tatasan Denpasar Bali, Telp. (0361) 226656
Jln. Kresna, Gang III No. 2B Singaraja Telp (0362) 21289
DENPASAR~BALI


UJIAN AKHIR SEMESTER (UAS) GENAP T.A. 2011/2012
MATA KULIAH
:
KEPROTOKOLAN & MC
JURUSAN
:
PENERANGAN
PROGRAM STUDI
:
PENA
JENJANG
:
S1
SEMESTER
:
VI  / KELAS SIANG / DENPASAR
HARI/TGL.
:
SENIN / 9 JULI 2012
WAKTU
:
PKL. 13.00 – 14.40 WITA
DOSEN PENGAMPU
:
I Dewa Ayu Hendrawathy Putri, S.Sos.,M.Si.

I.          Pilihlah Salah Satu Jawaban Yang Paling Tepat!

1.      Asal kata “Keprotokolan” berasal dari bahasa ……………..”Protocollum” yang terdiri dari dua kata yaitu; “Protos” dan “Colla”.
a.
Bahasa Romawi.
d.
Bahasa Inggris.
b.
Bahasa Yunani
e.
Bahasa Kawi.
c.
Bahasa. Sanskerta.



2.      Berikut ini yang manakah termasuk pengertian protocol ……………..
a.
Rules of etiquette & order in diplomatic.
b.
Rules of etiquette & order in document.
c.
Rules of etiquette & order in diplomatic or military ceremonies.
d.
Rules of etiquette & order in public ceremonies.
e.
Rules of etiquette & order in relating only.

3.      Peraturan perundang-undangan yang yang mengatur tentang protokol adalah……….
a.
UU.  No. 40 Thn. 1958.
d.
UU. No. 8 Thn. 1987.
b.
UU.  No. 41 Thn. 1985.
e.
UU. No. 62 Thn. 1990.
c.
UU.  No. 44 Thn. 1958.



4.      Berikut ini merupakan event-event dalam aktivitas protocol, kecuali………….
a.
Orasi Penolakan kenaikan BBM.
d.
M.I.C.E.
b.
Orasi Ilmiah Dalam Pengukuhan Guru Besar.
e.
Table Manner.
c.
Protocol Fair.



5.      Yang wajib diperhatikan dalam menata ruangan harus mengacu pada hal-hal berikut ini, kecuali ………………………
a.
Luas Ruangan.
d.
Psychologis (nyaman-gerah) =Ketupat (kondisi, waktu dan tempat).
b.
Sifat acara (formal-non formal-adat-kesenian-keagamaan)
e.
Membuat draft acara tidak penting.
c.
Pelaku (petugas-panitia-pengisi acara).





6.      Berikut ini kriteria “SMART” sekaligus merupakan syarat mutlak yang harus dimiliki oleh praktisi protocol (protocoller), kecuali …………………..
a.
Mature.
d.
Responsive.
b.
Ability & Pro-active.
e.
Sikap yang tenang, tidak mudah panic.
c.
Provokatif.



7.      Pernyataan berikut ini merupakan pengertian protocol secara luas, kecuali………..
a.
Catatan tidak resmi yang dibuat akhir persidangan yang ditandatangani.
b.
Dokumen kewajiban dan kekebalan diplomatic.
c.
Tata Tertib dan sopan santun pergaulan internasional.
d.
Keseluruhan isi dokumen yang ditanda tangani.
e.
Perjanjian yang bersifat internasional.

8.      Format protocol yang karakteristiknya disesuaikan dengan keadaan dan situasi etika yang berlaku pada konteks yang bersangkutan, disebut…………………………..
a.
Government Protocol.
d.
Common/general Protocol.
b.
Corporate Protocol.
e.
Protocol Fair.
c.
Protocol.



9.      Berikut ini merupakan beberapa persyaratan yang dibutuhkan bagi seorang protocol, kecuali……………………
a.
Memiliki disiplin dan loyalitas tinggi.
b.
Memiliki kemampuan manajemen namun tidak mampu mengaplikasikan.
c.
Memiliki apresiasi terhadap seni dan estetika.
d.
Mampu mengambil keputusan dengan cepat dan tepat.
e.
Memiliki pengetahuan umum dan wawasan yang luas.

10.  Tata cara / sopan santun yang berlaku dalam pergaulan antar individu/perorangan dalam masyarakat disebut dengan……………………………………
a.
Etika.
d.
Moral.
b.
Tata krama.
e.
Etiket.
c.
Table manner



11.  Berikut ini merupakan ruang lingkup tugas-tugas pokok protocol, kecuali……………………….
a.
Aspek perubahan
d.
Aspek kenyamanan.
b.
Aspek pelayanan.
e.
Aspek ketertiban.
c.
Aspek keamanan.



12.  Pengaturan mengenai undangan yang akan dikirimkan untuk suatu kegiatan, disebut………………………..
a.
Tata Boga.
d.
Tata Graha.
b.
Tata Warkat.
e.
Tata Krama.
c.
Tata Busana.



13.  Berikut ini merupakan criteria dari klasifikasi pakaian harian sipil (PSH), kecuali…………………
a.
Celana Panjang.
d.
Leher lengan terbuka.
b.
Jas lengan pendek.
e.
Warna celana dan jas sama.
c.
Lima Saku, lima kancing.







14.  Berikut ini merupakan sikap-sikap yang wajib dimiliki oleh seorang pemandu acara / MC, kecuali………………….
a.
Volume suara yang konstan dan mantap.
b.
Sikap yang tegas dan disiplin tinggi.
c.
Mampu menguasai massa (audiens).
d.
Menunjukkan sikap empati yang rendah.
e.
Berkepribadian menarik.

15.  Pakaian yang harus dikenakan pada suatu aktivitas protokoler, baik pejabat, undangan ataupun pelaksana kegiatan, disebut……………………..
a.
Tata Warkat.
d.
Tata Graha.
b.
Tata Tempat.
e.
Tata Busana.
c.
Tata Boga.



16.  Kegiatan prokotol mengatur ……………………………..
a.
Tata Ruang.
d.
Tata Niaga.
b.
Tata Upacara.
e.
Jawaban a, b, dan c benar.
c.
Tata Tempat.



17.   Berikut ini hal-hal yang perlu diperhatikan oleh seorang MC agar dalam menggunakan bahasa terlihat wajar dan lazim, kecuali………………………
a.
Stressing.
d.
Spacing.
b.
Reading speed.
e.
Intonasi.
c.
Pause.



18.  Bila tamu/undangan yang hadir dalam sebuah acara sebanyak 5 (lima) orang, maka tata preseance yang benar adalah………………….
a.
( 4 – 3 – 2 – 1 – 5 ).
d.
( 4 – 1 – 3 – 2 – 5 ).
b.
( 4 – 5 – 2 – 1 – 3 ).
e.
( 4 – 2 – 3 – 4 – 5 ).
c.
( 4 - 2  - 1 – 3  - 5 ).



19.  Dalam pergaulan hidup, norma atau kaedah terbagi dalam beberapa hal sebagai berikut, kecuali…………………………
a.
Norma Agama.
d.
Kesusilaan.
b.
Table manner.
e.
Kesopanan.
c.
Hukum.



20.  Berikut ini merupakan kategori TOMASTU tingkat nasional, kecuali………………
a.
Sekretaris Daerah.
d.
Ketua PHDI Pusat.
b.
Mantan Presidn/Wapres.
e.
Ketua Umum MUI.
c.
Ketua Umum Parpol.



21.  Perjamuan makan dengan konsep mengambil sendiri (self service) disebut dengan istilah………………………
a.
A la Carte.
d.
Dinning.
b.
Lucheon.
e.
Standing Party.
c.
Buffet.



22.  Berikut ini merupakan langkah yang harus diperhatikan dalam berbicara efektif, kecuali………………………..
a.
Perhatikan nada suara.
b.
Gerak tangan dan tubuh tidak menjadi skala prioritas.
c.
Sesuaikan kecepatan dan gaya berbicara.
d.
Perhatikan siapa yang anda ajak bicara.
e.
Sesuaikan volume suara saat berbicara.

23.  Salah satu criteria “GOOD APPEARANCE” yang wajib dimiliki oleh seorang professional protocol adalah…………………………….
a.
Konservatif.
d.
Over-Confident.
b.
Provokatif.
e.
Estetika menciptakan kerapian “tidiness” dan cemerlang “cleanliness”.
c.
Sensasional.



24.  Berikut ini kriteria tata preseance sesuai dengan urutan kepangkatan dalam aturan keprotokolan, kecuali………………….
a.
Kenegaraan.
d.
Keningratan Bangsawan.
b.
V.I.P.
e.
Pemberian anugrah Raja.
c.
V.I.C.



25.  Berikut ini merupakan istilah dalam dress code, kecuali………………..
a.
Formal/resmi.
d.
Smart jean
b.
Informal / setengah resmi.
e.
Extremely casual.
c.
Smart casual.



II.       Jawablah Pertanyaan Berikut Ini Dengan Argumentasi Yang Singkat & Jelas !

1.      Coba saudara sebutkan jenis-jenis kegiatan protokoler !
2.      Dalam jajar kehormatan siapa saja yang menjadi prioritas dalam tata preseance!
3.      Coba sebutkan tokoh-tokoh yang termasuk dalam kategori TOMASTU tingkat Daerah!
4.      Sebutkan 4 (empat) klasifikasi perangai seseorang !
5.       Apa arti dari ungkapan IF YOU DO THE RIGHT THING… NO ONE WILL REMEMBER, BUT IF YOU DO THE WRONG THING…”


******do your best & good luck*******

Komentar

Postingan populer dari blog ini

soal UAS Etika Kehumasan

Artikel Komunikasi

KOMPONEN KONSEPTUAL KOMUNIKASI