KEMENTERIAN AGAMA RI
INSTITUT HINDU DHARMA NEGERI DENPASAR
FAKULTAS DHARMA DUTA
Jl. Nusantara  Kubu Bangli Telp. (0366) 93788
Jl. Ratna No. 51 Tatasan Denpasar Telp. (0361) 226656
Website : http://www.ihdn.ac.id 
UJIAN AKHIR SEMESTER (UAS) GANJIL T.A. 2011/2012

MATA KULIAH      : PUBLIC RELATIONS
JURUSAN                 : PENERANGAN
PROGRAM STUDI : PENA
JENJANG                 : S1
SEMESTER              : V / PAGI 
HARI/TGL.               : RABU / 28 DESEMBER 2011
PUKUL                      : 08.00 -09.40 WITA
DOSEN                      : I Dewa Ayu Hendrawathy Putri, S.Sos, M.Si.

I.       Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat !

1.      PR adalah fungsi manajemen yang menilai sikap public, mengidentifikasikan kebijaksanaan dan tata cara seseorang atau organisasi demi kepentingan public, serta merencanakan dan melakukan suatu program kegiatan untuk meraih pengertian dengan dukungan public. Definisi tersebut diungkapkan oleh……………….
a.
Wilcox & Dozier.
d.
Ault & Agee.
b.
Wilcox, Ault & Agee.
e.
Cultip, Center & Broom.
c.
Dozier & Broom.



2.      Kegiatan humas adalah kegiatan yang terorganisir rapi atau terencana. Jadi ia harus sistematis, dilakukan melalui analisa yang cermat dengan bantuan riset, disebut……………….
a.
Deliberate.
d.
Two Way Communication.
b.
Management Function.
e.
Public Interest.
c.
Planned.



3.      Publik pemegang saham yang memiliki karakteristik kepentingan investasi yang aman, terjaganya asset, tergolong kategori …………………
a.
Publik Ekternal.
d.
Publik Opinion.
b.
Publik Internal.
e.
Publik Interest.
c.
Publik Sphere.



4.      Secara histories ada beberapa factor yang mendorong kemunculan Public Relations sebagai berikut, kecuali…………….
a.
Perkembangan teknologi komunikasi dan jaringan media massa yang semakin luas.
b.
Pertumbuhan industri yang semakin kompleks dan semakin jauh jaraknya dari rakyat.
c.
Munculnya kritik dari ilmuwan dan politisi terhadap pertumbuhan bisnis raksasa.
d.
Komunitas local (tetangga) yang memiliki karakteristik kepentingan, rasa aman, rasa bangga, keindahan dan kesehatan lingkungan, kesempatan kerja, penambahan penghasilan.
e.
Timbulnya persaingan bisnis yang hebat antara sesama perusahaan, sehingga dirasakan perlunya dukungan opini public yang menguntungkan.

5.      Salah satu fungsi PR menurut “Cultip & Center” adalah……………………..
a.
Melayani public dan memberikan nasihat kepada pimpinan organisasi untuk kepentingan umum.
b.
PR merupakan komunikasi dua arah yang menunjang keberhasilan kebijakan.
c.
PR merupakan suatu cara pendekatan untuk menciptakan opini public.
d.
PR merupakan falsafah manajemen yang bersifat social.
e.
PR merupakan perwujudan falsafah tersebut pada tataran kebijaksanaan.


6.      Publik pers yang memiliki kepentingan terhadap peristiwa-peristiwa yang memiliki nilai berita dan sumber-sumber berita, termasuk dalam ……………………..
a.
Publik Eksternal.
d.
Publik Opinion.
b.
Publik Internal.
e.
Publik Interest.
c.
Publik Sphere.



7.      Berikut ini merupakan unsur-unsur PR, kecuali…………………………..
a.
Good Image.
d.
Mutual Contidence.
b.
Good Will.
e.
Mutual Understanding.
c.
Mutual Confidence.



8.      Fungsi PR Menurut pakar PR Internasional (Cutlip & Centre, & Canfield) sebagai berikut, kecuali………………………………
a.
Mengidentifikasi yang berkaitan dengan opini, persepsi dan tanggapan masyarakat.
b.
Menciptakan komunikasi timbal balik dan mengatur arus informasi.
c.
Membina hubungan yang harmonis antara organisasi dengan publiknya.
d.
Menunjang aktivitas manajemen dalam mencapai tujuan.
e.
PR merupakan falsafah manajemen yang bersifat social.

9.      Definisi PR menurut DR. Rex Harlow dalam bukunya berjudul : A Model for Public Relations  Education  for profesional Practies  yang diterbitkan oleh International Public relations Association (IPRA) tahun 1978, kecuali…………………………..
a.
Menyangkut aktivitas komunikasi .
b.
PR merupakan falsafah manajemen yang bersifat social.
c.
Pemeliharaan jalur bersama antara organisasi dengan publiknya .
d.
Membantu manajemen untuk menanggapi opini publik .
e.
Melibatkan manajemen dalam menghadapi permasalahan.

10.  Berikut ini model-model praktek PR menurut “James E. Grunig”, kecuali…………
a.
Model Simetris Dua Arah (Two Way Symetrical Model) yakni; kegiatan PR berdasarkan Penelitian (Research).
b.
Model Asimetris Dua Arah (Two Way Asymetrical Model) yakni; penyampaian pesan PR melalui Riset & Strategi Ilmiah.
c.
Model Public Informations (Journalis in Residens) yakni; penyebaran informasi yang mengandung unsur kebenaran.
d.
Model Problem Solver; mampu mengatasi setiap permasalahan yang dihadapinya, baik secara pro-aktif, inovatif, dinamis dan solutif.
e.
Model Press Agentry (Model Propaganda) yakni; Komunikasi satu arah untuk tujuan publisitas, bersifat manipulasi.

11.  Peranan PR di berbagai kegiatan di lapangan pada umumnya adalah sebagai berikut,
kecuali ..................
a.
TO PERSUADE (membujuk)
d.
TO COMBINE
b.
TO INVITE (mengundang)
e.
TO SUGGEST (menyarankan)
c.
TO CONVINCE (meyakinkan)




12.  Menurut Charles H. Prout ada beberapa jenis pelayanan dasar yang harus dipraktekkan dalam profesi PR sebagai berikut, kecuali…………………………
a.
Public Policy.
d.
Pengkajian PR (public relation reseach ).
b.
Nasehat (advice and councel).

e.
Promosi PR (Public relation promotion).
c.
Pelayanan komunikasi (comunications service).



13.  Sebagai praktisi ahli PR yang berpengalaman dan memiliki kemampuan tinggi dapat membantu untuk mencari solusi dalam penyelesaian masalah hubungan dengan publiknya (Public Relationship), termasuk kategori ………………
a.
Problem Solver.
d.
Technician Communication.
b.
Problem Solving Process Fasilitator.
e.
Communication Fasilitator.
c.
Expert Prescriber.







14.  Berikut ini merupakan tujuan PR / Humas daerah Menurut Sam Black, kecuali………………
a.
Memelihara warganya agar jelas mengenai kebijakan lembaganya.
b.
Mengembangangkan rasa bangga sebagai warga negaranya.
c.
Memberikan penerangan pada warganya mengenai hak dan kewajibanynya.
d.
Menyebarkan informasi secara teratur mengenai kebijakan, perencanaan, dan hasil yang telah di capai.
e.
Memberikan kesempatan warganya untuk menyatakan pandanganya mengenai proyek atau kebijakan baru sebelum diputuskan.

15.  Seorang Public Relations Practioner dalam menunjang keberhasilan mencapai tujuan utama manajemen perusahaan/organisasi yang hendak dicapai tersebut, melalui cara kerja sama dengan berbagai pihak yang terkait tersebut, harus mempunyai keterampilan khusus, yaitu, kecuali……………………………………
a.
Conceptor.
d.
Mediator.
b.
Orator.
e.
Problem Solver.
c.
Creator.



16.  Fungsi PR masa kini berdasarkan Penelitian yang dilakukan oleh International Public Relations Association (IPRA) meliputi, kecuali………………………..
a.
Mengabaikan setiap konflik yang terjadi.
b.
Membuat analisis “Trend” masa depan dan ramalan akan akibat-akibatnya bagi institusi/ lembaga.
c.
Menciptakan dan membina komunikasi dua-arah berlandaskan kebenaran informasi yang utuh.
d.
Meningkatkan rasa saling hormat dan rasa tanggung jawab sosial
e.
Meningkatkan itikad baik (goodwill) institusi terhadap anggota, pemasok dan konsumen.

17.  Berikut ini merupakan prinsip-prinsip dalam upaya menciptakan Good Coorporate Governance, kecuali…………………….
a.
Accountability
d.
Participation
b.
Adabtable
e.
Tranparency
c.
Predictable



18.  Siapakah nama tokoh dunia yang dikenal sebagai “The Father of Public Relations” yang telah menyelamatkan sebuah pabrik batubara yang sedang diambang kepailitan………………….
a.
Jet Lee.
d.
Koko Lee.
b.
Bruce Lee.
e.
Ivy Better Lee.
c.
Vivy Lee.



19.  Upaya mempengaruhi opini publik dengan komunikasi dua arah timbal balik yang dioperasikan adalah konsep filsafat bisnis dari manajemen. Manajemen  dilengkapi dengan unsur-unsur  six M (Men, Material, Machines, Methode, Money dan markets) dikelola dengan baik, merupakan……………………
a.
Fungsi PR hukum.
d.
Fungsi PR politik.
b.
Fungi PR pemerintah pusat.
e.
Fungsi PR pemerintah daerah.
c.
Fungsi PR perusahaan.



20.  Berikut ini merupakan ciri-ciri yang melekat dalam profesi PR, kecuali………………
a.
Komunikasi   dua arah dan timbal balik.
b.
Penunjang tercapainya tujuan yang ditetapkan oleh manajemen.
c.
Sasaran adalan public internal dan public ekternal.
d.
PR sering diposisikan sebagai bagian marginal dari organisasi.
e.
Membina Hubungan yang harmonis antara organisasi dengan public.

21.  Dalam periodesasi PR di Indonesia Cikal bakal pembentukan HUMAS di Indonesia di bentuk pada tahun ……………
a.
1967.
d.
1966.
b.
1965.
e.
1962.
c.
1960.



22.  Pelaksanaan praktisi PR dalam hal proses memecahkan persoalan PR ini, merupakan bagian tim manajemen untuk membantu pimpinan organisasi baik sebagai penasehat (adviser) hingga mengambil tindakan eksekusi (keputusan) dalam mengantisipasi persoalan atau krisis yang tengah dihadapi secara rasional dan professional.
a.
Communication Fasilitator.
d.
Problem Solving Process Fasilitator.
b.
Experts Prescriber.
e.
Problem Solver Experts.
c.
Technician Communication.



23.  Berikut ini merupakan aktivitas PR di lapangan, kecuali ……………………
a.
Fact Finding.
d.
Planning.
b.
Controlling.
e.
Evaluating.
c.
Communication.



24.  Di Era Keterbukaan Informasi Publik (KIP) Seorang professional PR / Humas wajib mendiseminasikan informasi kepada public sesuai dengan ketentuan informasi yang tertuang dalam legalitas hukum………..
a.
UU No. 14 Tahun 2004.
d.
UU No. 14 Tahun 2006.
b.
UU No. 14 Tahun 2011
e.
UU No. 14 Tahun 2005.
c.
UU No. 14 Tahun 2008.




25.  Berikut ini merupakan julukan yang lazim melekat dengan eksistensi seorang PR / Humas , kecuali ………………..
a.
Sebagai pemandu sorak.
d.
Sebagai ujung tombak.
b.
Sebagai garda terdepan.
e.
Sebagai fungsi manajemen.
c.
Sebagai penyambung lidah.




II.    Jawablah pertanyaan berikut ini dengan argumentasi singkat dan jelas !

1.      Manfaat apakah yang saudara peroleh setelah mempelajari materi Public Relations?
2.      Apa menurut saudara faktor utama yang  mengakibatkan keberhasilan tugas seorang Public Relations?
3.      Apa pemahaman saudara tentang tugas seorang Public Relations baik pada instansi Pemerintah maupun Swasta?
4.      Menurut saudara apa yang identik pada profesi Public Relations?
5.      Di kalangan praktisi Public Relations maupun dalam dunia pemasaran dikenal adanya ungkapan “Sell Yourself First Before You Sell Your Product”. Coba saudara sebutkan makna yang terkandung dalam ungkapan tersebut?





*****do your best & good luck*****

Komentar

Postingan populer dari blog ini

soal UAS Etika Kehumasan

Artikel Komunikasi

KOMPONEN KONSEPTUAL KOMUNIKASI