KEMENTERIAN AGAMA RI
INSTITUT HINDU DHARMA NEGERI DENPASAR
FAKULTAS DHARMA DUTA
Jl. Nusantara  Kubu Bangli Telp. (0366) 93788
Jl. Ratna No. 51 Tatasan Denpasar Telp. (0361) 226656
Website : http://www.ihdn.ac.id 
UJIAN AKHIR SEMESTER (UAS) GANJIL T.A. 2011/2012

MATA KULIAH      : PUBLIC SPEAKING
JURUSAN                 : PENERANGAN
PROGRAM STUDI : PENA
JENJANG                 : S1
SEMESTER              : VII / PAGI / DENPASAR
HARI/TGL.               : SENIN / 26 DESEMBER 201
PUKUL                      : 08.00 -09.40 WITA
DOSEN                      : I Dewa Ayu Hendrawathy Putri, S.Sos, M.Si.

I.       Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat !
1.      Retorika berasal dari bahasa Inggris “………………” dan dalam perkataan latin “Rhetorica” yang berarti Ilmu Bicara.
a.
Retorous.
d.
Rethoracy.
b.
Rhetoric.
e.
Rthorsme.
c.
Rhetorsy.



2.      Pernyataan berikut ini yang manakah, fungsi Retorika menurut  Aristoteles :
a.
Retorika sebagai alat penipuan.
b.
Pengetahuan tentang seni yang tidak memiliki nilai-nilai dan kaedah.
c.
Pengetahuan yang mendalam tentang retorika & latihan-latihan yang dilakukan bisa mencegah retorika digunakan sebagai alat penipuan.
d.
Pengetahuan tentang tentang semiotika.
e.
Pengetahuan tentang etika profesi.

3.      Tinjauan yang memberi pengertian bahwa public speaking atau retorika merupakan komunikasi yang berhadapan langsung dengan massa adalah ilmu :
a.
Biologi.
d.
Sosiologi.
b.
Demografi.
e.
Komunikasi.
c.
Psikologi.



4.      Fungsi Retorika pada masa Yunani dan Romawi adalah sebagai berikut, kecuali.......
a.
Sebagai alat persuasi.
d.
Sebagai alat untuk meraih kekuasaan.
b.
Sebagai informasi.
e.
Sebagai alat pencapai kebenaran.
c.
Sebagai alat meraih kemenangan.




5.      Pidato mengenai perkara pengadilan, baik yang telah terjadi maupun tidak pernah terjadiyang didengarkan oleh hakim atau juri disebut...................
a.
Deliberatif.
d.
Demonstratif.
b.
Yudisial.
e.
Provokatif.
c.
Efideitik.



6.      Berikut ini keuntungan mempelajari publi speaking, kecuali........................
a.
Meningkatkan keahlian dalam bidang akademik dan karir.
b.
Memperbaiki kemampuan komunikasi secara umum.
c.
Meningkatkan kemampuan berbicara di depan umum.
d.
Mengembangkan kemampuan bersilat lidah.
e.
Menghadirkan diri anda pada orang lain dengan  kepercayaan & keyakinan diri.

7.      Kemampuan seseorang untuk menempatkan diri pada situasi orang lain merupakan teknis persuasi yang disebut.........................
a.
Interest.
d.
Simpathy.
b.
Empathy.
e.
Antipathy.
c.
Pay off idea.



8.      Menurut Aristoteles ada beberapa cara untuk mempengaruhi individu atau khalayak, diantaranya adalah.....................
a.
Oposisi.
d.
Asosiasi.
b.
Disposisi.
e.
Spekulasi.
c.
Pathos.



9.      Berikut ini merupakan karakter individu yang mudah untuk dilakukan persuasi, kecuali...........................
a.
Social minded.
d.
Dinamis.
b.
Open minded.
e.
Suka menyendiri.
c.
Memiliki daya fantasi besar.



  1. Usaha untuk memacu rasa ingin tahu hadirin dengan harapan-harapan mereka terhadap apa yang anda sajikan dalam formulasi “AIDDA” disebut……………………………
a.
Desire.
d.
Interest.
b.
Action.
e.
Inventio.
c.
Attention.



11.  Humor timbul karena hal-hal yang tidak diduga atau kalimat serta kata yang menimbulkan dua macam asosiasi, disebut teori.............................
a.
Degradasi.
d.
Bisosiasi.
b.
Superioritas.
e.
Parodi.
c.
Pelepasan inhibisi.



12.  Berikut ini merupakan keberhasilan penceramah (public speaker) dalam menyampaikan pesan, kecuali............................
a.
Tampilkan diri sebagai sosok yang paling tahu di depan audiens.
b.
Sampaikan dengan ikhlas dan tulus yang muncul dari tanggungjawab pribadi.
c.
Ungkapkan dengan bahasa yang sopan, bijaksana dan santun.
d.
Mengetahui secara detail sesuatu yang dibahas terutama yang menyangkut masalah ilmiah dan mengandung masalah yang interpretable dan debateable. Jika tidak sampaikan gagasan yang bersifat ‘informatif’ saja.
e.
Mulailah apa yang dikatakan didepan hadirin pada diri sendiri.

13.  Hal-hal yang harus diperhatikan jika anda bertindak sebagai moderator adalah……………………..
a.
Memaparkan materi detail sebelum pembicara mulai presentasi.
b.
Tidak perlu menjelaskan persoalan yang akan dibahas.
c.
Tidak perlu memperkenalkan narasumber.
d.
Bacakan curriculum vitae dari pembicara dengan jelas.
e.
Memberikan penjelasan dengan opini pribadi.

14.  Menurut Stephen Covey deposito utama yang dapat menambah rekening bank emosi dalam menjalin hubungan interpersonal, kecuali……………………………….
a.
Enggan meminta maaf.
d.
Integritas Pribadi.
b.
Kebaikan dan sopan-santun.
e.
Berusaha benar-benar mengerti orang lain.
c.
Menjelaskan harapan.



  1. Humor yang mengungkapkan kejelekan atau kelemahan orang, kekeliruan gagasan atau lembaga dengan tujuan agar diperbaiki disebut teori…………………………..
a.
Parodi.
d.
Teori Superioritas dan Degadrasi
b.
Bisosiasi.
e.
Kompetensi.
c.
Pelepasan inhibisi.



16.  Berikut ini merupakan fungsi Pesan Nonverbal, kecuali............................
a.
Aksentuasi – menegaskan pesan verbal.
b.
Repetisi – mengulang kembali bahasa verbal.
c.
Kontradiksi – menolak pesan verbal.
d.
Komplemen – melengkapi pesan verbal.
e.
Suplemen – pelengkap pesan.

17.  Ada beberapa hal dalam proses menyimak berikut ini, kecuali.......................
a.
Mendengarkan (Hearing).
d.
Memperhatikan (Attention).
b.
Mengingat (Remembering).
e.
Mengevaluasi (Evaluating).
c.
Mengantisipasi.



18.  Berikut ini merupakan Proksemik (bahasa jarak atau orang), dikembangkan oleh Edward T. Hall, kecuali..............................
a.
Jarak tidak menjadi pertimbangan dalam menjalin hubungan.
b.
Jarak pribadi, 1,5-4 kaki. Menunjukkan hubungan yang erat dan nyaman untuk berbincang-bincang dengan teman.
c.
Jarak intim, 6-18 inci. Ynag dibicarakan biasanya paling rahasia, dengan suara yang berbisk. Kedekatan intim tidak layak dilakukan di tempat umum.
d.
Jarak sosial, 4-12 kaki. Sesuai untuk diskusi bisnis dan percakapan dalam pertemuan sosial.
e.
Jarak publik, zona terbesar merupakan ruang sepanjang duabelas kaki atau lebih dan hanya muncul dalam hubungan manusia.

19.  Dalam proses membaca ada beberapa cara yang perlu diperhatikan agar efesien sebagai berikut, kecuali............................
a.
Rapid Reading.
d.
Carefull Reading.
b.
Skimming.
e.
Scanning.
c.
Speed Reading.



20.  Berikut ini merupakan materi atau Isi pidato secara umum, kecuali.........................................
a.
Akar tunggang Judul yang aktual.
b.
Cabang/ranting Kerangka yang sistematis.
c.
Bunga Variasi, humor, pepatah, puisi, dll.
d.
Daun Analisa yang logis.
e.
Kesimpulan tidak perlu.

21.  Hukum pertama dalam mengembangkan komunikasi yang efektif adalah sikap hormat dan saling menghargai individu yang menjadi sasaran pesan yang kita sampaikan dalam formula REACH disebut..................
a.
Audible.
d.
Clarity/Clear.
b.
Humble.
e.
Empathy.
c.
Respect.



22.  Yang dimaksud dengan Polikronik adalah....................................
a.
Mengerjakan berbagai kegiatan dalam waktu bersamaan.
b.
Satu waktu untuk satu kegiatan.
c.
Mempelajari bagaimana manusia berkomunikasi melalui penggunaan waktu.
d.
Orientasi berhadapan cenderung mengaraha pada perilaku bersaing.
e.
Orientasi bersebelahan sering dianggap menunjukkan kerja sama.

23.  Berikut ini hal-hal yang dapat menciptakan atmosfer positif dan kondusif dalam presentasi, kecuali.........................
a.
Kepercayaan (trust).
d.
Superioritas (superiority).
b.
Pengakuan (recognition).
e.
Penerimaan (acceptance).
c.
Keterbukaan (openness).










24.  Berikut ini fungsi komunikasi nonverbal menurut Mark Knap, kecuali..................................

a.
Menunjukan peraaan atau emosi yang tidak bisa diutarakan dengan kata-kata (substitution).
b.
Berupaya membuat audiens mengalami ambiguitas.
c.
Meyakinkan apa yang diucapkan (repetition).
d.
Menambah atau melengkapi ucapan-ucapan yang dirasa belum sempurna.
e.
Menunjukan jati diri sehingga orang lain bisa mengenalnya (identity).

25.  Berikut ini hal-hal yang dapat merusak iklim komunikasi dalam presentasi, kecuali.................

a.
Arogansi (arrogance).
d.
Mengecam (criticism).
b.
Kesinisan (cynicism).
e.
Keterbukaan.
c.
Mem-vonis (judgement).





II.    Jawablah pertanyaan berikut ini dengan argumentasi singkat dan  jelas !
1.      Apa manfaat yang telah saudara peroleh setelah mempelajari materi public speaking ?
2.      Coba saudara sebutkan beberapa faktor yang harus diperhatikan berkaitan dengan karakteristik seorang komunikator !
3.      Apa yang dimaksud dengan komunikasi persuasi ? Dan mengapa dalam aktivitas public speaking komunikasi persuasi sangat berperan ?
4.      Coba saudara sebutkan tokoh-tokoh podium baik di Indonesia maupun Internasional yang telah memberikan inspirasi dalam setiap aktivitas public speaking yang dilakukan !
5.      Apa yang saudara pahami tentang retorika ?


*****do your best & good luck*****










Komentar

Postingan populer dari blog ini

soal UAS Etika Kehumasan

Artikel Komunikasi

KOMPONEN KONSEPTUAL KOMUNIKASI