Arsip Berita


MAHASISWA FAKULTAS DHARMA DUTA INSTITUT HINDU DHARMA NEGERI (IHDN) DENPASAR KULIAH KERJA LAPANGAN (KKL) DI DESA SIDOREJO KEC. KEMALANG, KAB. KLATEN-JAWA TENGAH
Denpasar (Bali Post)
Mahasiswa Fakultas Dharma Duta IHDN Denpasar melaksanakan Kuliah Kerja Lapangan (KKL), yang dilepas oleh Dekan Fakultas Dharma Duta IHDN Denpasar Dr. Drs. I Gusti Ngurah Sudiana, M.Si, Jumat (24/6)  lalu ke Kabupaten Klaten-Jawa Tengah, tepatnya di Desa Sidorejo, Kecamatan Kemalang, Kabupaten Klaten-Jawa Tengah dan di Desa Randu Lanang Kecamatan Jatinom, Kabupaten Klaten-Jawa Tengah. KKL yang berlangsung selama dua hari itu diantar langsung oleh Dekan Fakultas Dharma Duta Dr. Drs. I Gusti Ngurah Sudiana, M.Si di dampingi Pembantu Dekan II Drs. I Made Sugata, M.Si dan 15 orang dosen pendamping.
Dalam kegiatan itu mahasiswa sebanyak 193 orang dibagi menjadi  5 kelompok yang disebar ke dua Desa tujuan KKL, dan masing-masing kelompok didampingi dua orang dosen pembimbing.  Di lokasi KKL mahasiswa ditugaskan untuk melakukan observasi langsung dan berbaur dengan masyarakat setempat. Dan pada saat di lapangan mahasiswa di pandu oleh tokoh-tokoh masyarakat, guna memperoleh informasi yang akurat tentang situasi dan pola hidup masyarakat Hindu di masing-masing Desa.
“Dengan adanya Lembaga Pendidikan Tinggi Hindu seperti IHDN Denpasar, khususnya pada Fakultas Dharma Duta, jurusan Penerangan Agama dengan program studi Penerangan Agama Hindu dan Pramuwisata Budaya Agama Hindu, dengan komposisi kurikulum 50 % materi agama & budaya Hindu dan 50 % materi komunikasi dan diharapkan mampu mencetak Sumber Daya Manusia (SDM) Hindu yang berkualitas, profesional dan siap berkompetisi di dunia kerja, serta nantinya mampu menjadi Duta Dharma (Penyuluh Agama Hindu) di masyarakat dan menjadi Pramuwisata yang memiliki pemahaman terhadap Budaya Agama Hindu secara holistik. Dan pada Jurusan Hukum Agama juga diharapkan mampu melahirkan praktisi Hukum Agama Hindu yang berkualitas” ungkap Dekan Fakultas Dharma Duta Dr. Drs. I Gusti Ngurah Sudiana, M.Si.
Pada acara KKL tersebut diawali dengan melakukan sembahyang bersama di Pura Randu Agung, yang dilanjutkan dengan penyerahan dana punia dan sarana upacara dan dalam kesempatan tersebut acara dirangkaikan dengan Dharma Wacana yang diberikan langsung oleh Dekan Fakultas Dharma Duta IHDN Denpasar Dr. Drs. I Gusti Ngurah Sudiana, M.Si, tentang “Pemahaman Ajaran Agama Hindu Bersifat Universal” dan khususnya menekankan pentingnya meningkatkan Sradha dan Bhakti. (r).

Komentar

Postingan populer dari blog ini

soal UAS Etika Kehumasan

Artikel Komunikasi

KOMPONEN KONSEPTUAL KOMUNIKASI